Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

AULIA AINUN (08)





Kota Kudus
adalah salah satu kota yang berada di Indonesia yang terletak di propinsi Jawa Tengah. Menurut pengamatan saya kudus adalah kota yang terkecil wilayahnya dibanding kota- kota lain yang berada di propinsi Jawa Tengah. Wilayah kota kudus kurang lebih 425,17 Km2 Dengan wilayahnya yang kecil kota kudus merupakan kota yang padat penduduknya dan kepadatannya mencapai 1.798,35 jiwa/Km2. Hari kota kudus ditetapkan pada tanggal 23 September 1549 M dan diatur dalam Peraturan Daerah atau PERDA No 11 tahun 1990.

Setelah melihat-lihat referensi ternyata Sejarah Kota kudus begitu luasnya kalau diceritakan detail, banyak cerita dari sesepuh kudus mengenai Sejarah kota kudus, tetapi disini saya akan membahas sekilas mengenai bagaimana asalmuasal kota kudus bisa berdiri dan berkembang. Dahulu Sunan kudus yang dikenal sebagai santri yang taat dan mempunyai kesaktian yang luar biasa hebatnya pergi naik haji dan menuntut ilmu di tanah arab, setelah beberapa ilmu yang beliau pelajari akhirnya memutuskan untuk mengajar disana. 

Pada suatu ketika dan seiring berjalannya waktu di daerah arab terjangkit wabah penyakit yang sangat mengerikan dan warga arab sangat ketakutan, Dan akhirnya Sunan Kudus membantu untuk mengobati para warga yang terkena penyakit, dan tentu berkat jasa dari Sunan Kudus akhirnya penyakit bisa reda. Ada salah satu Amir di Arab yang ingin memberikan hadiah kepada Sunan Kudus tetapi Sunan Kudus menolak, hanya sebagai kenang-kenangan beliau meminta sebuah batu. Batu tersebut tentunya berasal dari Kota Baitul Makdis atau Jeruzalem (Al Quds),   dan dengan hal itulah Sunan Kudus bertempat tinggal  sehingga dinamakan kota kudus yang awalnya bernama (Al Quds)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar