no
|
kompetensi
|
indikator
|
1
|
Membaca dan memahami berbagai
teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya
sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita anak,
buku cerita anak, novel remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan drama).
|
1.
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu
teks.
2.
Menentukan persamaan isi berita.
3.
Menentukan perbedaan penyajian berita.
4.
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
5.
6.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks
iklan.
7.
Menyimpulkan isi paragraf.
Mengidentifikasi isi
grafik, tabel, bagan,
denah.
8.
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
9.
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
pendek/cerita
anak.
|
2
|
Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif
dalam bentuk buku harian, surat
pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan, resensi dan
karangan, surat pembaca, teks pidato,
dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,
cerpen, dan drama.
Melengkapi naskah drama
|
1. Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
2. Menulis
catatan pengalaman pada buku harian.
3. Menulis
pesan singkat sesuai konteks.
4. Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
5. Melengkapi
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
6. Menulis
rangkuman.
7. Menulis
teks berita sesuai konteks.
8. Menulis
slogan sesuai konteks.
9. Menulis
iklan sesuai konteks.
10. Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu.
11. Menulis
teks pidato.
12. Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
13. ilmiah/daftar
pustaka.
14. Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
15. Melengkapi
pantun.
16. Melengkapi
puisi.
|
aphangzt
0 komentar:
Posting Komentar