Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

kisi-kisi UN Bahasa Indonesia




no
kompetensi
indikator
1
Membaca dan memahami berbagai
teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya
sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita anak,
buku cerita anak, novel remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan drama).
1.       Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks. 
2.       Menentukan persamaan isi berita.
3.       Menentukan perbedaan penyajian berita.
4.       Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
5.        
6.       Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
7.       Menyimpulkan isi paragraf.
        Mengidentifikasi isi grafik,                   tabel, bagan, denah.
8.       Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
9.       Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.


2
Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif
dalam bentuk buku harian, surat
pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan, resensi dan
karangan, surat pembaca, teks pidato,
dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,
cerpen, dan drama.
Melengkapi naskah drama

1.       Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
2.       Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
3.       Menulis pesan singkat sesuai konteks.
4.       Menulis laporan/pengumuman/resensi.
5.       Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
6.       Menulis rangkuman.
7.       Menulis teks berita sesuai konteks. 
8.       Menulis slogan sesuai konteks.
9.       Menulis iklan sesuai konteks.
10.   Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
11.   Menulis teks pidato.
12.   Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
13.   ilmiah/daftar pustaka.
14.   Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
15.   Melengkapi pantun.
16.   Melengkapi puisi.

















aphangzt

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar